Cari Tanaman Obat di Blog Ini

Khasiat Kayu Manis Cina

baike.com
Nama ilmiah: Cinnamomum cassia Presl
Nama lain: Chinese kaneel, chinese cinnamomun, bastard cinnamomun (Inggris); rou gui (China).

Deskripsi
Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam kayu kulit manis di antaranya cinnamic aldehyde, cinnamyl acetate, cinnzcylanol cinnzcylanine. phenypropyl acetate, tanin, dan saffrol. Sementara buah mentahnya mengandung cinnamic aldehyde. cournarin,traps-cinnamic acids, B-sitosterol, choline, protoca-techuric acid, dan syringe acid. Bahan kimia pada kulit Kayu Manis Cina masuk meridian ginjal, limpa, dan kandung kemih. Sementara ranting mudanya masuk ke meridian kandung kemih, jantung, dan paru-paru.

Bagian obat: Kulit batang, ranting muda
Energi: Panas (kulit batang), hangat (ranting muda)
Rasa: Pedas, manis

Efek farmakologis: Kulit Kayu Manis Cina menguatkan "yang" untuk menghangatkan limpa dan ginjal, melancarkan peredaran darah, menghilangkan sakit, menambah nafsu makan (stomakika), dan meluruhkan kentut (karminatif). Sementara ranting muda Kayu Manis Cina berfungsi sebagai peluruh keringat (diaforetik), mengendurkan otot (muscle relaxant), menghangatkan dan melancarkan sirkulasi di meridian, serta melancarkan pernapasan. 

Indikasi: Diare, gangguan pencernaan, radang lambung (gastritis), jantung koroner, nyeri dada. 

Resep 
  • Untuk diare, gangguan pencernaan, dan radang lambung (gastritis), seduh 1,5 g bubuk kulit kayu cina dengan 1 cangkir air panas, untuk sekali pemakaian. Minum air seduhan sebanyak 2 kali sehari dengan dosis sama.
  • Untuk jantung koroner dan nyeri dada, tumbuk halus 3 g kulit Kayu Manis Cina dan 13 g daun dewa (Gynura segetum Lour), lalu seduh dengan 1 cangkir air panas. Minum air seduhannya sekaligus selagi hangat sebanyak 1 kali sehari.



Kontraindikasi: Wanita hamil, penderita deman, penyakit pendarahan.

Entri Populer

Translate