Cari Tanaman Obat di Blog Ini

Khasiat Xi Xin

rslandscapedesign.blogspot.com
Nama ilmiah: Asarum sieboldiAsarum heterotropoide
Nama lain: -

Deskripsi
Xi Xin merupakan herbal perenial yang memiliki tangkai daun berwarna khas ungu lembayung. Akar batang Xi Xin yang gemuk menghasilkan akar-akar kecil yang sangat halus dan tipis dengan rasa pedas. Akar tersebut juga mengeluarkan aroma tajam dan mengandung 3% minyak asiri. 

kindaikampo.net
Xi Xin sangat efektif digunakan sebagai obat pereda rasa sakit untuk semua jenis penyakit dan nyeri di kepala. Tanaman obat ini ditemukan di Manchuria, Korea, Jepang, dan provinsi-provinsi di wilayah paling utama Cina.

Bagian obat: Akar kecil; keseluruhan tanaman dapat pula dipakai.
Energi: Hangat
Rasa: Pedas
Kesesuaian organ: Liver, ginjal, jantung, paru-paru

Efek terapi: Pereda rasa sakit tanpa mengakibatkan hilangnya kesadaran; peluruh keringat; melancarkan dahak; menenangkan tubuh, meredakan keaktifan dan meningkatkan tidur; meningkatkan laktasi; menghilangkan rasa haus yang kronis (pengobatan Cina tradisional: meningkatkan energi-ginjal; memperkuat energi-lever; menghilangkan panas dalam).

Indikasi: Penyumbatan pada pembuluh eutachius dan lubang-lubang sinus bagian atas; demam dan kedinginan; sakit kepala dan sakit gigi; peluruh keringat (pengobatan Cina Tradisional : gejala- gejala dingin-dalam : yin- ginjal yang kosong).

Resep: Untuk jamu seduh, gunakan 3-4 gram dan jadikan dalam dua dosis, lalu minum pada saat perut kosong.

Kontraindikasi: Tidak ada
Ketidakcocokan: Astragalus; dogwood tree; nitrat potasium; nitrat magnesium.


Penggunaan Xi Xing dianjurkan untuk batuk menular, bronkhitis, pneumonia, dan infeksi paru-paru lainnya pada pasien-pasien yang sudah tua dan lemah fisiknya. Untuk kepentingan tersebut, buku obat-obatan herbal Cina menganjurkan penyeduhan 3 gram herba ini, yang digabungkan dengan 4 gram cemara (Ephedra) dan 5 aconite

Untuk halitosis (napas berbau busuk atau bau mulut), seduh 3 gram Xi Xin dalam satu gelas air hangat. Gunakan air seduhan hangat tersebut untuk berkumur dan membersihkan mulut, lalu buang air kumurannya.

Untuk sakit telinga, sumber-sumber tradisional menganjurkan pembuatan pil seukuran kacang polong dengan cara mencampurkan bubuk herba tersebut dengan cuka. Selanjutnya, letakkan pil dalam telinga dan biarkan pil tersebut larut. Selain itu, sumber yang sama juga merekomendasikan penggunaan bubuk Xi Xing untuk menghilangkan bisul bernanah di dalam mulut dengan cara meletakkannya di atas pusar agar terjadi penyerapan bertahap.

Entri Populer

Translate