Cari Tanaman Obat di Blog Ini

Khasiat Huang Qi

www.innerpath.com.au
Nama ilmiah: Astragalus hoantchy, Astragalus membranaceus
Nama lain: Astragalus

Deskripsi
Huang Qi atau astragalus diyakini sebagai tonik (penambah tenaga). Herba yang terkenal ini tumbuh dengan tinggi tanaman sekitar 1 meter. Batang-batangnya kaku, yang berisi delapan hingga dua belas pasang daun kecil. Rimpang obat Huang Qi, yang ditutupi oleh kulit kuat dan berserat, berwarna cokelat kekuningan,  Sumsumnya berwarna putih kekuningan dan memiliki rasa manis seperti liroce. Bagian ini mengandung glikosida, saponin, dan asam-asam lemak yang sangat penting.

Herbal Huang Qi dijual dalam bentuk irisan-irisan tak teratur dengan panjang 15-20 sentimeter. Herba ini kebanyakan tumbuh di Cina utara, Jepang, dan Korea. Masing-masing wilayah tersebut memiliki varietas tanaman yang berbeda. Semua jenisnya dapat digunakan dalam resep-resep yang membutuhkan astragalus. Namun, varietas-varietas yang paling berpengaruh dalam pengobatan dan yang lebih mahal berasal dari Cina utara.

Bagian obat: Akar
Energi: Agak hangat
Rasa: Manis, agak asam
Kesesuaian organ: Limpa, paru-paru

Efek farmakologis: Tonik untuk menambah kekebalan tubuh; obat penguat jantung; meluruhkan air seni; mengontrol keluarnya peluh yang berlebihan; menurunkan tekanan darah; menurunkan kadar gula darah; meningkatkan sirkulasi dalam daging dan kulit (pengobatan Cina tradisional: memperkuat energi leluhur; menyuburkan intisari tubuh).

Indikasi: Menurunnya kekebalan tubuh; kanker; kelelahan yang kronis; tekanan darah tinggi; lemahnya organ-organ dalam; diabetes; anggota badan yang lemah dan dingin; batuk dan flu; bronkitis; hepatitis; kekurangan adrenalin (pengobatan Cina tradisional: energi yang kurang; gejala kosong-bagian dalam, seperti keluarnya peluh yang berlebihan dan tidak normal).

Resep: Untuk membuat jamu seduh, rebus 8-12 gram tanaman herbal ini, jadikan dua dosis, diminum pada saat perut kosong. 

Kontraindikasi : tidak ada
Ketidakcocokan : Chinemys reevesii (kulit kura-kura), opium

Menurut khazanah ilmu pengobatan herbal Cina, herba ini dapat meningkatkan kekebalan dengan melindungi tubuh dari serangan Enam Kejahatan dari energi-energi lingkungan yang ekstrem atau menyimpang--seperti angin dan cuaca dingin--dan dengan meningkatkan sirkulasi wei chee (energi plindung) di sekitar permukaan tubuh. Ia juga menstimulasi produksi dan sirkulasi faktor-faktor imunologis di dalam darah.

Riset modern juga mengakui/mendukung klaim-klaim tradisional tentang adanya kandungan tonik peningkatan kekebalan tubuh dalam astragalus. Sebuah artikel yang diterbitkan dalam majalah Cancer  oleh American Cancer Society melaporkan bahwa sari pati cair dari herba ini memulihkan respons kekebalan yang normal pada 90% pasien kanker yang sedang diteliti. Penelitian-penelitian lain tentang para pasien kanker juga mendukung bukti ini.

Astragalus tidak mengandung komponen-komponen yang secara langsung menyerang sel-sel kanker, tetapi memperkuat daya tahan atau kekebalan tubuh seseorang terhadap perkembangan kanker.

Riset Cina modern telah menunjukkan bahwa astragalus membantu melawan infeksi-infeksi yang disebabkan oleh virus --khususnya di paru-paru-- dengan meningkatkan produksi interveron, faktor kekebalan yang menghambat pertumbuhan virus.


Satu cara astragalus dalam meningkatkan kekebalan adalah dengan meningkatkan produksi dan aktifitas sel-sel darah putih. Berbagai penelitian klinis juga telah menunjukkan bahwa pasien kanker yang mengonsumsi astragalus pada saat menjalani kemoterapi, yang menghambat respons kekebalan alami, dapat sembuh lebih cepat dan hidup lebih lama dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi herba ini.

Oleh karena berpotensi meningkatkan respons kekebalan tubuh yang kuat, astragalus diteliti sebagai obat untuk penyembuh AIDS. Para pasien AIDS menunjukkan jumlah suppervisor sel T yang sangat luar biasa tingggi, yang merusak kekebalan tubuh yang paling utama. Astragalus diketahui telah mengurangi secara signifikan jumlah-jumlah suppressor sel T dalam kasus-kasus penurunan kekebalan tubuh manusia.


Khasiat penambah kekebalan yang dikandung herba ini akan semakin meningkat ketika digabungkan dengan gingseng, Codonopis, schisandra, angelica, dan/atau licorice. Astragalus juga bisa dicampur dengan Ecinacea-herba penambah kekebalan dari Amerika Utara. 

Entri Populer

Translate