Cari Tanaman Obat di Blog Ini

Khasiat Jie Geng

Platycodon grandiflorum
Nama ilmiah: Platycodon grandiflorumPlatycodon chinensis, Campanula grandiflora
Nama lain: Bunga balon

Jie Geng, tanaman asal China dan Jepang ini merupakan herba perenial dengan ketinggian tanaman 60-100 cm dengan bunga berwarna biru-ungu lembayung yang mekar dari pucuk-pucuk menggelembung. 
wikipedia.org
Tanaman muda Jie Geng telah lama digunakan sebagai herba untuk masakan di Cina dan dianggap mengandung khasiat sebagai pembasmi cacing. Akarnya yang berwarna putih kekuningan dan seukuran jati kecil mirip gingseng. Tak heran jika herba ini dimasukkan sebagai salah satu akar herbal yang dapat menggantikan gingseng. Tumbuhan ini memiliki rasa manis-pahit dan mengandung saponin.

Bagian obat: Akar
Energi: Netral
Rasa: Pahit, pedas
Kesesuaian organ: Paru-paru

Efek farmakologis: Melancarkan dahak; penenang otot-otot tenggorokan (pengobatan Cina tradisional: meningkatkan kualitas darah, membersihkan lendir).

Indikasi: Bronkitis; radang amandel; batuk berat berlendir; tenggorokan sakit; bisul bernanah pada mulut dan tenggorokan; infeksi paru-paru; nyeri dada; nyeri perut.

Resep: Untuk jamu seduh, 3-5 gram dalam dua dosis, lalu minum saat perut kosong.

Kontraindikasi: Tidak ada
Ketidakcocokan: Gentiana, Bletila striata, babi.


Jie Geng efektif dalam melarutkan tumpukan lendir kental yang terdapat dalam tenggorokan, saluran tenggorokan dan paru-paru, kemdian mengeluarkannya dengan menstimulasi terjadinya aliran kuat sekresi dari selaput-selaput lendir di tenggorokan. Fakta ini membuat Jie Geng menjadi pilihan yang bagus sebagai ekspektoran bagi para perokok berat.


Untuk menghilangkan cegukan, pengobatan herbal Cina merekomendasikan seduhan 15 gram Codonopsis dengan 5 gram bunga balon. Minumlah satu dosis dalam keadaan hangat.

Entri Populer

Translate