Cari Tanaman Obat di Blog Ini

Khasiat Kayu Manis

Nama ilmiah:  Cinnamomun burnani (Ness.) BI.. Cinnamomun verum, sin. C. zeylanicum
Nama lain: Kaneelkassia, Cinnamomun Tree (Inggris); yin xian (Cina).

Deskripsi
Kayu Manis adalah tanaman pohon penghasil rempah, yang termasuk ke dalam jenis rempah yang beraroma, manis, dan pedas. Kayu manis merupakan salah satu bumbu masakan tertua yang pernah digunakan oleh manusia. Diduga, penggunaan bumbu masakan ini dimulai sejak 5.000 tahun yang lalu di Mesir Kuno, yang disebutkan beberapa kali di dalam kitab-kitab Perjanjian Lama.

Dalam khasanah pengobatan tradisional, Kayu Manis dengan tambahan madu berfungsi sebagai suplemen untuk berbagai penyakit seperti radang sendi, kulit, jantung, dan perut kembung. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam Kayu Manis di antaranya minyak asiri eugenol, safrole, sinamaldehide, tanin, kalsium oksalat, damar, dan zat penyamak.

Bagian obat: Kulit, batang, daun, akar
Energi: Hangat
Rasa: Pedas, manis

Efek farmakologis: Peluruh kentut (karminatif), peluruh keringat (diaphoretic), antirematik, penambah nafsu makan (stomachicha), dan penghilang rasa sakit (analgesik). 

Indikasi: Asam urat, hernia, muntah-muntah, perut kembung, rematik, influensa, batuk.

Resep:
  • Untuk asam urat (gout arthritis) dan keropos tulang, rebus 1 ibu jari kayu manis,15 g jahe merah, 5 g biji pala, 5 butir kapulaga, 5 g bunga cengkih, serta 4 lembar daun sosor bebek dalam 600 ml air sampai air tersisa 300 ml. Saring air rebusannya, lalu minum sekaligus selagi hangat. Lakukan dua kali sehari.
  • Untuk hernia, rebus 1 ibu jari kayu manis,15 g jahe merah, 5 butir kapulaga, 5 g adas,1 jari pulasari (Alyxia rein-wadtii BI.) dengan 800 ml air sampai airnya tersisa 400 ml. Saring air rebusannya, lalu minum sekaligus selagi hangat. Lakukan dua kali sehari.
  • Untuk muntah-muntah, rebus 1 jari kayu manis, 10 g temu kunci (Boesenbergia pandurata Schl.), dan 3 butir kapulaga dengan 800 ml air sampai tersisa 400 ml. Saring air rebusannya, lalu minum dua kali sehari masing-masing 200 ml.

Entri Populer

Translate