Cari Tanaman Obat di Blog Ini

Khasiat Nio His (Niu Xi)

Nama ilmiahAchyranthes bidentata
Nama lain: Sangketan

Deskripsi
Tanaman yang berasal dari Cina, Jepang, India, Asia tenggara, Indonesia, dan Srilanka ini merupakan tanaman rempah perenial (bisa tumbuh selama setahun atau beberapa tahun). Batang Sangketan berbentuk ramping dan berwarna ungu kehijauan. Terdapat sendi-sendi besar yang mirip dengan lutut seekor lembu jantan. Tak heran jika tanaman ini memiliki nama cina Nio His alias “Lutut Lembu”.

Daun Sangketan berbentuk lonjong dan berwarna hijau tua. Akarnya berkhasiat obat dan mengandung saponin. Kandungan terbaik di bagian akar yang lurus dan lentur, berlapis kerutan halus, dan berwarna kuning kecokelatan.

Bagian obat: Akar
Energi: Netral
Rasa: Pahit, asam
Kesesuaian organ: Liver, ginjal

Efek terapi: Peluruh kencing, menstimulasi aliran darah, penambah tenaga dan menyegarkan badan, meningkatkan sirkulasi darah dan melarutkan gumpalan kolesterol, menghilangkan rasa nyeri di lutut dan punggung bagian belakang, membersihkan luka memar. Dalam pengobatan Cina digunakan untuk memperkuat energy ginjal dan hati serta memelihara otot dan tulang.

Indikasi: Haid yang tidak teratur; rasa tegang dan sakit di punggung bagian bawah, pinggang, lutut (sakit pinggang); gusi berdarah, hidung berdarah, dan darah dalam dahak; peradangan dalam saluran air seni; luka traumatis pada tulang dan sendi; sirkulasi yang buruk. Dalam pengobatan Cina Tradisional digunakan untuk sindrom yin-ginjal kosong.

Dosis: Untuk jamu, ambil 5 - 10 g per hari, jadikan dua dosis untuk diminum saat perut sedang kosong.

Kontraindikasi: Ejakulasi saat tidur; sakit dan bengkak di kaki dan lutut. Dalam pengobatan Cina tradisional dipakai pada sindrom energi limpa yang kosong.

Ketidakcocokan: Kulit kura-kura; Cynanchum japonicum, daging domba.


Pengobatan tanaman obat Cina sangat merekomendasikan herba ini sebagai obat peluruh kencing untuk mengatasi masalah kandung kemih dan saluran kencing, juga sebagai penstimulasi aliran darah yang efektif untuk haid yang tidak teratur. Untuk gejala linu pinggul dan encok karena kekurangan energi ginjal, gunakan takaran eucommia yang sama. Sebagai obat bagi masalah darah dan sirkulasi, kombinasikan dengan Rehmannia glutinosa.

Entri Populer

Translate