Cari Tanaman Obat di Blog Ini

Khasiat Chiang Huo

aoki2.si.gunma-u.ac.jp
Nama ilmiah: Angelica pubescens
Nama lain: -    


Deskripsi
Chiang Huo merupakan varietas dari spesies Angelica pubescens, yang juga dimasukkan dalam daftar benda dibuku ini. Warnanya lebih gelap, mulai dari warna ungu hingga hijau, mempunyai kerimbuan daun yang lebih rapat, dan jauh lebih beraroma. Akar-akarnya terhubung oleh ruas-ruas dengan jarak kira-kira 2 sentimeter dan tersusun menyerupai irisan-irisan urat kayu yang rapuh, dengan serat-serat lapisan kayu berwarna merah yang terletak di antara bagian dalam dan lapisan kulit luarnya.

Chiang Huo berasal dari wilayah-wilayah yang sama di Cina, di mana herbal Du Buo berasal. Namun, letaknya biasanya dari wilayah yang jauh ke barat. Sementara itu, nama Chiang diambil dari nama suku minoritas utama yang berdiam di sepanjang wilayah perbatasan Tibet-Sichuan.



Bagian obat: Akar
Energi: Hangat
Rasa: Pedas, pahit
Kesesuaian organ: Ginjal, kandung kemih.

Efek terapi: Peluruh keringat; pereda rasa sakit tanpa mengakibatkan hilangnya kesadaran; penghilang rematik (pengobatan Cina tradisional: melepaskan panas dalam dan mengeluarkan racun-racun dari permukaanya).

Indikasi: Pusing dan mata merah; kehilangan kemampuan berbicara karena stroke; sakit rematik dan encok yang berpindah-pindah dari satu tulang sendi ke tulang sendi yang lain di seluruh tubuh (pengobatan Cina tradisional: gejala panas- lembab bagian dalam).

Dosis: Untuk jamu seduh, gunakan 3-6 gram herbal ini, bagi menjadi dua dosis untuk diminum saat perut kosong. 

Kontraindikasi : tidak ada
Ketidakcocokan : tidak ada

Entri Populer

Translate