Cari Tanaman Obat di Blog Ini

Khasiat Bai Jih (Bai Zhi)

www7a.biglobe.ne.jp
Nama ilmiah: Angelica anomala
Nama lain: -

Deskripsi
Bai Jih merupakan tanaman herbal perenial yang tumbuh di pegunungan dan tinggi tanamannya mencapai 2 meter. Tanaman yang memiliki nama lain fang-hsiang (wangi bunga) ini memiliki batang berwarna hijau keunguan dan berlubang-lubang. Rimpang obatnya memiliki ukuran yang bervariasi, dengan bagian luar berwarna kuning kecokelatan, bagian luar keputihan, dan terdapat kerutan-kerutan yang ditandai dengan adanya titik-titik resin.

Bai Jih berbau sangat harum. Pada masa Cina kuno, tanaman ini sering digunakan sebagai pengharum, dengan cara meletakkannya bersama herbal beraroma wangi lainnya  dalam sebuah buntalan wangi yang dimasukkan kedalam jubah. Bai Jih dipercaya sebagai obat untuk menghilangkan gangguan terhadap sistem reproduksi perempuan. Tanaman obat ini berasal dari Cina bagian barat dan tengah, serta Jepang.

Bagian obat: Akar
Energi: Hangat
Rasa: Pedas, pahit
Kesesuaian organ: Paru-paru, perut.


Efek terapi: Pereda sakit tanpa mengakibatkan hilangnya kesadaran; penenang badan; penangkal racun; mengandung minyak asiri yang menstimulasi fungsi-fungsi vital, khususnya pencernaan ;                            meningkatkan sirkulasi ; mengurangi pembengkakan (pengobatan Cina tradisional: mengurangi ketidak nyamanan dari luka akibat kejahatan angin).

Indikasi: Sakit kepala dibagian depan ; pusing ; mata sakit dan berair; sakit gigi; ruam-ruam gatal pada kulit; hidung tersumbat; keputihan; gigitan ular (pengobatan Cina tradisional: luka angin-luar).

Dosis: Untuk bedak: tawar, pil, kapsul, infus sebanyak 3 gram, sekali sehari, di saat perut kosong; jika salah satu dari kondisi diatas disertai dengan keluarnya peluh yang tidak normal, seperti peluh angin yang banyak pada malam hari, maka tingkatkan dosisnya hingga 6 gram.

Kontraindikasi: Dalam pengobatan Cina tradisional pada kasus gejala darah kosong.

Ketidakcocokan: Inula chinensis 

Entri Populer

Translate