Cari Tanaman Obat di Blog Ini

Khasiat Kamboja

evoucher.co.id
Nama ilmiah: Plumeria acuminata ait.
Nama lain: Kamoja, samoja (Sunda); samboja, semboja, kamboja (Jawa); cempaka bakul, campaka    Sabakul (Madura); bunga jera (Makasar); dan bunga  kabmoyang (Timor); Ji dan hua (Cina), temple tree/flower (Inggris).

Deskripsi
Kamboja memiliki bunga yang berbau harum. Dalam getah Bahan kimia yang terkandung dalam getah kamboja di antaranya damar, kautcuk, senyawa karet, senyawa triterpenoid, amyrin, dan lupeol. Kulit batangnya mengandung plumierid, yaitu zat  pahit beracun, sebagai laxant. Sementara batang dan daun kamboja mengandung fulvolumierin serta minyak menguap yang terdiri dari greaniol, sitronellol, linallol, farmnesol, dan fenil alcohol.

Bagian obat: Bunga, getah dan kulit batang, daun, akar
Energi: Sejuk (bunga)
Rasa: Manis (bunga)

Efek farmakologis: Penurun panas (antipiretik), peluruh kencing (antideuretik), dan obat batuk (antitusif). Kulit kayunya digunakan sebagai laxant (pelancar buang air besar). 

Indikasi: Getah, daun, kulit batang, akar serta seluruh bagian tanaman untuk mencegah pingsan akibat udara panas (heat troke), disentri basiler, gangguan pencernaan (dispepsia), gangguan penyerapan makanan pada anak, kurang gizi (malnutrisi), radang hati (hepatitis infectiosa), radang saluran napas (bronkhitis), jantung mengipas/berdebar keras (palpitasi), TBC (tuberkulosa), cacingan, sembelit (konstipasi), kencing nanah (gonorrhohea), beri-beri, busung air, kapalan (klavus), telapak kaki bengkak dan pecah-pecah, sakit gigi berlubang, tertusuk duri atau terkena pecahan beling, bisul (furunculus), patek (frambusia), serta benjolan keras (tumor).

Dosis: Pemanfaatan bunga kering, getah, daun, kulit batang dan akar, serta seluruh bagian tumbuhan kamboja untuk mengobati beberapa penyakit adalah sebagai berikut.
  • Untuk bisul, cuci bersih daun kamboja, lalu panaskan sampai lemas. Olesi dengan minyak kelapa, lalu tempelkan pada bisul. Cara lainnya, oleskan getah batang kamboja langsung pada bisul dua kali sehari.
  • Untuk disentri dan mencret karena panas dalam, rebus 12-24 g bunga kamboja kering dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air rebusan lalu minum.
  • Untuk gigi berlubang, oleskan beberapa tetes getah kamboja pada kapas, lalu letakkan kapas untuk menutupi bagian gigi berlubang. Lakukan dengan hati-hati, jangan sampai terkena gigi yang sehat.
  • Untuk kencing nanah, rebus 1 potong akar kamboja dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas air. Saring air rebusan, lalu minum. Cara lainnya, cuci 3 jari kulit kamboja, potong-potong, lalu rebus dengan 5 gelas air sampai tersisa 2¼ gelas. Saring air rebusan, tambahkan madu secukupnya, lalu minum 3 kali sehari masing-masing ¾ gelas.
  • Untuk telapak kaki bengkak dan pecah-pecah, rebus 1 potong kulit kamboja dengan 3 liter air sampai mendidih. Gunakan air rebusan untuk merendam kaki yang sakit saat masih hangat.
  • Untuk tumor, giling halus kulit kamboja, lalu tambahkan air secukupnya sampai seperti bubur. Tempelkan pada bagian badan yang ada benjolannya.

Entri Populer

Translate