Cari Tanaman Obat di Blog Ini

Khasiat Jih Mu (Zhi Mu)

medpedia.framar.bg
Nama ilmiah: Anemarrhena Asphodeloides
Nama lain: -

Deskripsi
Jih Mu merupakan tanaman rhizoma  (akar batang) yang tertutup oleh bulu-bulu berwarna kekuningan atau kemerahan. Bunga Jih Mu mirip bunga Bawang Putih, dengan dagian dalam bunga berwarna keunguan, sedangkan bagian luarnya berwarna kekuningan. 

Herba Jih Mu dijual dalam bentuk irisan-irisan tipis kering dan tidak beraturan, dengan panjang sekitar 10 cm dan 20 mm. Meskipun pahit, bau tanaman ini menyenangkan. Herba ini mengandung zat saponin, yang berkhasiat antipiretik serta sejumlah besar getah. Jih Mu banyak tumbuh di pegunungan utara Peking dan di sebagian besar wilayah-wilayah Cina bagian utara.

www.cnseed.org
Bagian obat: Akar batang (rhizoma), batang.
Energi: Dingin
Rasa: Pahit
Kesesuaian organ: Ginjal, paru-paru, perut

Efek terapi: Pencegah dan pereda demam; pereda peradangan pada selaput lendir; pereda iritasi pada perut; peluruh kencing ; pereda bengkak bengkak (pengobatan Cina tradisional: meningkatkan yin-ginjal, menghilangkan panas dalam).

Indikasi: Sering ejakulasi di malam hari, berkeringat di malam hari, impotensi, ereksi yang tidak cukup karena kekurangan adrenalin, diare, sembelit, rasa haus, insomnia, dan iritasi karena panas dalam yang berlebihan, pneumonia dan radang tenggorokan (pengobatan Cina tradisional : yin – ginjal kosong ; yin kosong).

Dosis: Untuk jamu seduh, ambil sebanyak 6-12 gram, jadikan dua dosis, dan minum pada saat perut kosong.

Kontraindikasi: Pada pengobatan Cina Tradisional dengan kondisi dingin (yin) kosong di limpa dan perut serta diare dengan mencret yang kronis. Pemakaian yang lama dapat menyebabkan gangguan usus besar yang kronis.

Ketidakcocokan :
Penggunaan alat-alat atau perkakas dari besi. 

Entri Populer

Translate