Cari Tanaman Obat di Blog Ini

Khasiat Hu Buo (Hu Bo)

divineguidance944.com
Nama ilmiah: Pinites Succinifer
Nama lain : Amber
Deskripsi
Hu Buo yang berarti “ruh harimau” ini didasarkan pada sebuah legenda kuno yang menceritakan bahwa ketika harimau mati, ruhnya masuk ke dalam tanah dan berubah menjadi bahan ini. Faktanya, amber diduga merupakan resin dari spesies cemara yang telah punah, yang telah berada dalam tanah selama ribuan tahun. Orang-orang Yunani dan Cina kuno, begitu pula para peneliti modern, menyepakati hal ini.

Bongkah-bongkah amber berisi semut, lebah, dan serangga lain yang ikut terawetkan bernilai sangat tinggi. Spesimen terbaiknya sering diolah menjadi bentuk ornamen atas permintaan orang-orang berada. Warnanya berkisar antara kuning susu hingga cokelat keemasan yang tembus pandang dan gelap. 

Amber bisa dibeli di tempat-tempat yang terpercaya karena barang ini seringkali dipalsukan dan dijual sebagai benda-benda riil yang sulit dibedakan oleh mata yang tidak terlatih. Wilayah-wilayah penghasil amber yang paling utama adalah India, Afrika, Burma, Yunnan, dan wilayah-wilayah lain di Cina selatan dan Korea.

Bagian obat: Resin yang telah membatu

Energi: Netral
Rasa: Manis
Kesesuaian: Ginjal

Efek terapi: Pemulih kesehatan dan fungsi-fungsi vital; penambah tenaga dan menyegarkan badan; peluruh air seni; pereda rasa nyeri; penenangkan otak dan memperkuat fungsi-fungsi saraf; penghilang gumpalan-gumpalan dalam aliran darah; membantu menghilangkan katarak (pengobatan Cina tradisional: menenangkan energi ginjal dan mendinginkan api yang berlebihan dalam kandung kemih).

Indikasi: Darah dalam urin; urin keruh dan gelap; sedikit mengeluarkan urin; terhentinya siklus haid secara tidak normal; mimpi basah; penyakit kejang saraf; gangguan saraf; katarak (pengobatan Cina tradisional: panas di dalam ginjal dan kandung kemih).

Dosis: Untuk bubuk (biasa, kapsul, infus, atau pil madu) sebanyak 0,9-2 g.
Kontraindikasi: tidak ada
Ketidakcocokan: tidak ada

Amber masih menjadi bahan dasar yang sangat populer untuk membuat biji-biji tasbih, yang digunakan di seluruh Asia dalam praktik meditasi dan pembacaan mantra. Pengetahuan mistik yang dikaitkan dengan tanaman obat biasanya mencakup juga khasiat-khasiat pengobatannya. Namun, dengan mengesampingkan unsur magis dan mistiknya, amber tetap mempunyai khasiat-khasiat terapi, khususnya untuk mengobati penyakit-penyakit yang menyerang sistem saraf.

Entri Populer

Translate