Cari Tanaman Obat di Blog Ini

Khasiat Mu Tung (Mu Tong)

www.bacara-gardens.ro
Nama ilmiah: Akebia quinata
Nama lain:  Akebia

Deskripsi

Mu Tung atau Akebia disebut juga dengan Tung Tsao (rumput yang berlubang-lubang). Tanaman ini mudah dikenali dari lubang-lubang bulat kecil pada sumsum batangnya, dengan ukuran yang cukup besar untuk bisa dilewati udara. Mu Tung tumbuh menjalar dan terdiri dari banyak batang kayu dengan ketebalan bervariasi, yaitu antara 1-7 cm yang berwarna kuning.
Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat dijual dalam bentuk potongan batang (menyerupai kayu), yang diiris dengan diameter sekitar 1 cm. Bagian ini mengandung garam potasium sebanyak 30%. Buah Mu Tung dapat dimakan. Daging buahnya berwarna putih dengan biji-biji hitam dengan rasa yang  manis. Tanaman ini berasal dari Cina bagian timur dan Jepang.

Bagian obat: Batang
Energi: Dingin
Rasa: Pahit
Kesesuaian organ: Jantung, paru-paru, kandung kemih, usus kecil.

Efek terapi: Peluruh kencing; mencegah peradangan; penghilang rasa sakit; meningkatkan produksi air susu ibu ; membantu proses melahirkan.


Indikasi: Rasa nyeri dan tekanan pada dada; kejang dada; rasa haus yang parah; bisul bernanah pada lidah dan mulut ; mengeluarkan sedikit urin dan  terasa nyeri; bengkak yang menyakitkan pada kaki; air susu  ibu (ASI) sedikit; gelisah dan insomnia; tenggorokan kering; rongga hidung tersumbat; radang tenggorokan.


Dosis: Untuk jamu seduh, ambil 4-9 g, jadikan dalam dua dosis untuk diminum pada saat perut kosong.


Kontradiksi: Banyak keluar peluh yang kronis.


Ketidakcocokan: Tidak ada.

Herbal ini sering digunakan untuk mengatasi kurangnya produksi ASI pada ibu yang sedang menyusui.

Entri Populer

Translate